RSS

KARTU KEANGGOTAAN PELANGGAN MERUPAKAN TEROBOSAN KREATIF DALAM PEMASARAN

Kini hampir setiap pasar swalayan mengeluarkan kartu keanggotaan untuk menarik para konsumen agar menjadi pelanggan tetapnya. Dimulai dari Hypermarket, Supermarket, bahkan Minimarket yang berada di tiap-tiap perumahan pun juga membuat kartu keanggotaan untuk para pelanggan dengan iming-iming diskon untuk setiap pembelian produknya. Hampir setiap konsumen khususnya wanita, sangatlah tertarik dengan diskon, voucher, hadiah, dan sebagainya.Sebenarnya, diskon itu tidaklah besar nilainya hanya 1-5% dari nilai pembelian. Akan tetapi, ada poin yang dikumpulkan oleh pelanggan untuk nantinya ditukar dengan voucher belanja. Selain itu diadakan juga undian berkala untuk pelanggan tetap yang telah mempunyai kartu keanggotaan meliputi hadiah-hadiah menarik seperti handphone, notebook, perlengkapan rumah tangga, bahkan sebuah sepeda motor ataupun sebuah mobil.
Banyak perusahaan sepakat bahwa program semacam ini mempunyai tingkat kesuksesan yang tinggi, baik untuk mempertahankan pelanggan yang ada maupun untuk mendapatkan pelanggan yang baru. Dalam persaingan yang mencekik saat ini, strategi baru apapun, khususnya strategi yang telah terbukti sangat berhasil di negara lain akan diterima baik. Mengeluarkan kartu keanggotaan untuk menjadi pelanggan tetap adalah salah satunya. Kartu keanggotaan juga memberikan keuntungan yang sangat besar bagi perusahaan. Yaitu perusahaan dapat mengumpulkan data konsumen dan menyatukannya dalam sebuah database untuk penyelarasan dan peningkatan layanan mereka selanjutnya yang kedepannya akan mendatangkan lebih banyak penjualan.
Tidak hanya pasar swalayan, supermarket atau minimarket yang dapat mengambil manfaat dari kartu tersebut, tetapi jenis-jenis bisnis lainnya juga mengikuti tren. Contohnya Fitness Club, Spa, Salon, bahkan Penyewaan VCD&DVD serta Penyewaan buku,komik dan majalah pun memberikan kartu keanggotaan.
Itulah sebabnya, kartu keanggotaan sangat efektif dalam mempertahankan loyalitas pelanggan dan menarik pelanggan baru. Terobosan-terobosan kreatif dalam pemasaran sesungguhnya merupakan tuntutan dalam dunia bisnis saat ini.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar